Review about 6 Strategic Definition Choices at bukukita.com
Berawal dari kumpulan orang IT yang menggeluti dunia Pendidikan berbasis Web dan animasi di Indonesia, toko buku online ini dibuka. Bukukita.com ini menyediakan layanan pemesanan buku secara online basis dalam 24 jam 7 hari seminggu. Toko buku ini hadir untuk memberikan kenyamanan bagi semua masyarakat dengan mobilitas yang tinggi yang tidak bisa mengunjungi toko buku setiap saat diperlukan, dimana pengetahuan dipandang adalah hal utama bagi kemajuan setiap manusia. Toko buku ini dibuka pada tahun 2006 dan sampai saat ini telah bekerjasama dengan berbagai penerbit dan terus mengembangkan kerjasamanya dengan berbagai penerbit untuk terus melengkapi catalog bukunya. Dengan misi yang sangat sederhana yaitu memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pembaca dan visi kedepan tidak hanya menjadi toko buku online namun sekaligus menjadi wadah bagi para komunitas pencinta buku terbesar di Indonesia.
Berikut adalah analisa 6 strategic definition ynag diadopsi oleh bukukita.com
1. E-Business Channel Priority
Click – Yaitu semua transaksi yang berlangsung dalam website bukukkita.com bersifat online transaction. Karena bukukita.com ini adalah toko buku yang didirikan bagi para penggemar buku yang sangat jarang atau tidak punya waktu ke took buku. Beriklankan toko buku online, semua kegiatan yang berhubungan dengan pemesanan, dimulai dari pemilihan buku dengan judul dan pengarangnya hingga terjadinya transaksi jual beli dan pembayaran dilakukan secara online.
2. Organizational Restructuring and Capabilities
In-House division and Strategic Patrnership. Kenapa? Hal ini dikarenakan bukukita.com ini menggunakan tenaga kerja dalam perusahaan itu sendiri, dari maintenance websitenya sendiri hingga pengembangan (researches and development) website mereka. Lalu, strategic patrmership mereka dimana? Bukukita.com ini bekerjasama dengan berbagai macam penerbit dari berbagai kota diindonesia. Sampai saat ini ada kurang lebih 284 penerbit yang bekerjasama dengan buku kita.com. Bukukita.com ini juga bekerjasama dengan google. Bukukita.com sebagai Toko Buku Online dan yang Pertama di Indonesia selain penerbit yang dipilih Google untuk dapat memanfaatkan teknologi yang dikembangkan Google dibidang buku yaitu Google Books Search dan Google Preview. Dengan menggunakan Google Preview, pengunjung BukuKITA.com dapat melihat “Isi” dari buku seperti halnya kita membuka dan membaca buku biasa.
3. Business, Service and Revenue model
Bukukita.com terus mengevaluasi kesempatan – kesempatan / peluang bisnis yang bisa dikembangkan dengan para provider – provider penyedia jasa informasi dan para penerbit buku lainnya. Dalam hal ini, bukukita bekerjasama dengan google dengan teknologi Google Book Search untuk mencari buku yang dibutuhkan dan Google Preview untuk melihat isi buku yang ditemukan. Bukukita also give some advertising related to their product sells, such as Flat delivery to deliver books to customer (related to their business), show any promotion their held with campus or any educational background and any activities (groups, networking etc) in their homepage. Its all is to gain more and more members and buyer. Bukukita.com juga menyediakan layanan diskusi, menampilkan profil, tempat bertanya dan juga sarana networking seperti pembaca setia, penggemar (facebook) dan lain- lain. Saat ini bukukita.com bisa dikatakan sebagai salah satu media penjual buku secara online yang berbasiskan sarana elektronik yang selalu mengupdate bagaimana cara bersaing dan terus menghunter bagaimana caranya untuk terus mengembangkan websitenya ( always updated new business models ).
How about bukukita services? Look at their mission above, give the best services to their customer. And How about the revenue models? Gain yang didapatkan dan bagaimana perusahaan itu bisa terus bertahan adalah dari modelbisnis mereka yang mengambil dan menghasilkan keuntungan dengan adanya penjualan buku secara online pada customer. Apakah keuntungan mereka lebih besar dari pada toko – toko buku lainnya? Ya. Kenapa? Karena biaya – biaya promosi dan semua keperluan bisnis mereka berbasis online. Tidak perlu menggunakan sales dan book keeper toko dan lain sebagainya. Banyak biaya yang berkurang. Bukukita.com juga mendapatkan keuntungan dari hasil kerjasama dengan para penerbit buku dan google search lainnya selain dari keuntungan yang diperoleh dari penjualan buku di bukukita.com. Advertising berupa promosi dengan kampus ataupun penerbit lainnya.
4. Marketplace Restructuring
Dengan menggunakan menu Komunitas ( Blog bukukita.com, milis bukukita.com, facebook dan friendster) buku kita.com memperoleh banyak pengunjung an banyak penggemar buku sejati yang bergabung didalamnya. Dan hingga saat ini ada sekita r 37.440 member yang tergabung dalam bukukita.com. Kehadiran bukukita.com dikalangan masyarakat sangat popular. Dikarenakan pada saat dulu buku kita adalah satu – satunya toko buku online yang pertama dan yang terbesar diindonesia. Banayak orang – orang yang senang bermain dan menjelajah dunia maya mengenali website yang satu ini. Bukukita.com terus mengikuti perkembangan zaman guna terus meningkatkan dan mengembangkan website dan bisnis onlinenya untuk terus merubah dan membetuk kumpulan pasar dengan banyak customer yang akan bertransaksi di situs mereka.
5. Market and Product Development Strategy
To Sell More Strategy :
1. Market share growth : compete more effectively online.
Karena bukukita.com adalah salah satu situs penjualan buku secara online, maka bukukita.com harus terus mengembangkan situsnya dan juga system yanga da kea rah yang lebih praktis dan effisien lagi. Kenapa? Karena semakin hari ada semakin banyak pesaing – pesaing sejenis yang terus me-penetrasi pasar. Dan apakah bukukita akan kalah dalam menghadapi persaingan itu? Tentu saja, karena dengan tidak berimbangnya keinginan consumen dengan jasa atau layanan yang kita sediakan akan mengekibatkan pelanggan atau calon pelanggan lari. Contohnya adalah, dalam system pembayaran yang bertele tele dan juga pemesanan dengan jangka waktu yang lama. Bukukita harus terus bisa melihat peluang dan terus berinovasi dalam mengembangkan pasar yang ada dan pasar – pasar baru yang berpeluang lainnya.
2. Customer Loyalty improvement : migrate existing Customer Online and add value to product , service and brand. Maksudnya adalah memperkuat (straightening) what buku kita have until today. Bring out customer to see our product, service and brand improvement all time.
3. Customer Value improvement : increase customer profitability by decreasing cost to serve and increase purchase or usage frequency and quantity.
Using Internet to Support
1. Diversification into related business
How to make our one focused business have more variants. Book store online but have any other business related in every chance. Such as VCD or DVD online store that can be maintance together with books. Sometimes DVD film made from comics and novels.
2. Diversification into unrelated business.
May be accessories or other product selling.
3. Up streams integration ( with Supplier )
In this cases here publisher as a supplier. So make many integration maintenance and processes with its publisher so any beneficial will comes to them.
Product development Strategy
Use internet to :
1. Added value to its existing product.
2. Developing digital product ( such as in delivery and usage models).
3. Changing payment models ( Credit Card may be or Pay pal.. )
6. Positioning and Differentiation Strategy
By : Providing online product customization
Offers favorable pricing or reduce price
Combining pricing information with dynamic availability information on product (books)
Enable customer to review sales order history and place repeat order.
Six Strategic Definition in E-Business
Posted by
Meilyta_Thu
Rabu, 15 April 2009
0 comments:
Posting Komentar